Senin, 07 Mei 2012

"Mari Mendidik dari Rumah Ummi :) "

`Sekolah bagi anak – anak bukan jaminan untuk mencetak mereka menjadi anak yang sholeh – sholehah. Karena ia hanya sebatas `washilah` saja yang dapat membantu orangtua dalam menjembatani mereka. Porsi utama sebenar - benar pendidikan utama adalah di rumah mereka `ummi, madrosatul ula`.Dari ibulah anak paling banyak belajar dan mengambil contoh.`

Di rumah jugalah tempat orangtua memberi teladan
kepada anak, memberikan pendidikan budi pekerti dan agama, menanamkan aqidah dan sikap untuk jujur, hormat pada orang yang lebih tua, mencintai sesama makhluk hidup, membantu fakir miskin, dan sebagainya. Pendidikan semacam itu diberikan sejak anak bangun tidur hingga bangun tidur lagi.

Abduh Majalli berkata, “Sesungguhnya cara terbaik untuk menanamkan keimanan dan akhlak yang terpuji dalam diri anak kecil adalah dengan memberikan contoh nyata dan perilaku yang baik. Sesering apapun kita berbicara kepadanya tentang shalat –misalnya- maka tidak akan banyak berpengaruh, kecuali jika ia melihat kita (sebagai orang tua dan pendidik) senantiasa menjaga shalat lima waktu tepat pada waktunya."

_Keshalehahan orangtua sedikit banyak akan berpengaruh terhadap keshalehahan pada diri anak.

maka dari itu banyak-banyaklah kita belajar,,,,
belajar jangan terpaksa dan terburu-buru tiba saat tiba akal, melainkan belajar dengan penuh kesiapan dan penuh keikhlasan. Karena jika belajarmu mengikuti proses tiba saat tiba akal maka tidak akan kau dapatkan banyak ILMU, umpama Air jika diisi ke dalam botol secara terburu-buru saat akan berpergian maka sejatinya botol itu tidak akan penuh seperti yang diharapkan. Namun jika jauh-jauh hari botol itu diisi air dengan perlahan dan dengan penuh kesiapan maka BOTOL itu akan penuh tanpa harus menumpahkan air yang berakibat pada kemubadziran...
Itulah cara menuntut ILMU..

siapkan diri, jauh-jauh hari berusaha untuk mengambil ILMU sebanyak-banyaknya, agar kelak tidak salah arah hingga tiba di proses pertanggungjawaban nanti ..

baarakallahu fiykum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar