Selasa, 11 Februari 2014

" Istimewa Menutup Auratmu Ukhty "

Sahabat Goresan Pelangi yang berbahagia, Semoga sehat semuanya :)
Kali ini ingin sekedar berbagi tentang keistimewaan menutup aurat bagimu ukhty..


Pernah dengar ungkapan wanita shalihah yang menutup aurat ibarat mutiara di lautan yang sulit didapatkan?
Atau mungkin sahabat gopel pernah mendengar bahwa wanita shalihah itu bukanlah mereka yang mengumbar auratnya, melainkan yang rapat menutup auratnya dari pandangan laki-laki yang bukan mahramnya dengan niat semata-mata karena Allah. Diibaratkan pula wanita sahalihah yang menutup aurat itu seperti sebuah permen yang masih dibungkus rapat. Sehingga tidak memungkinkan serangga menempel pada permen tersebut.

Terlepas dari perumpaan di atas, tentunya wanita shalihah yang menutup aurat atau yang saat ini sedang berusaha menutup aurat, mereka itulah orang-orang beruntung. Karena tidak akan diganggu oleh orang-oarang yang bukan mahramnya, tidak akan direndahkan harkat martabatnya, selalu disegani lelaki ajnabi, dan dihormati oleh setiap orang. Selama keteguhan dan keistiqomahannya menutup aurat benar-benar dijaga dan konsisten.  

Perintah menurup aurat ada dalam Al-qur'an dan Hadits.
1. surat An-Nur ayat 31.
“Dan katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman: ’Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang biasa nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan khimarnya ke dadanya…’”

Maksud dari ayat yang terkadung dalam surat An-nur diatas adalah, sudah seharusnya seorang wanita menutup auratnya, menjaga diri agar terhindar dari hal-hal yang haram (menjaga pandangan, kehormatan), serta jangan tampakkan perhiasan, kecuali yang terbiasa tampak.

2.  Hadis riwayat Aisyah Radhiyallahu Anha, bahwasanya Asma binti Abu Bakar masuk menjumpai Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam dengan pakaian yang tipis, Lantas Rasululloh Shallallahu 'alaihi wasallam berpaling darinya dan berkata:“Hai Asma, seseungguhnya jika seorang wanita sudah mencapai usia haid (akil baligh) maka tak ada yang layak terlihat kecuali ini,” sambil beliau menunjuk wajah dan telapak tangan. (HR. Abu Daud dan Baihaqi).

Dalam Hadis di atas, menunjukan  kepada kita bahwa menutup seluruh aurat itu wajib bagi setiap wanita, kecuali wajah dan telapak tangan. Selain itu, menunjukan bahwa menutup aurat bukanlah menutup dengan pakaian dan khimar yang tipis atau menerawang. Karena yang tipis akan menampakkan lekukan tubuhmu.

Kedua perintah di atas, setidaknya memberi gambaran bagaimana seharusnya 
seorang wanita menutup aurat. Lalu apa istimewanya menutup aurat???

Sabar Ukhty, :-)
Tenanglah, akan saya uraikan apa keistimewaan menutup auratmu Ukhty, antara lain :
1. Kita mudah dikenali sesama saudara muslim.

2. Terhindar dari godaan pria/laki-laki ajnabi

3. Jika dulu sebelum menutup aurat, orang-orang sering nakal menyapa dengan sapaan "Hai cewek" atau mungkin dengan siulan yang memilukan hati serasa tak dihargai. Ketika menutup aurat, orang-orang mungkin iseng menyapa, tapi bukan dengan siulan melainkan dengan salam. 
Beruntunglah kamu Ukhty, disapa dengan salam. Karena salam itu do'a maka jawablah dengan jelas kembali kepadanya yang memberikan salam. Kamu terhormat kan jadinya?? :-)

4. Jika kamu menutup aurat dan menjaga pandanganmu, maka pintu surga menantimu. Selama kamu istiqomah tetap di jalan lurus-Nya.

5. Memiliki banyak teman yang selalu mengingatkan kala lupa dan seantiasa berada dalam lingkaran kebaikan.

6. Kemungkinan mendapatkan jodoh yang shalih semakin besar. 
Lho kok bisa?????? :-)
Ya, tentu bisa! bukankan kamu berdoa meminta Pada-Nya jodoh yang shalih? 
Nah, sekarang kamu menutup aurat, bukankah itu sebagai bukti bahwa kamu ingin menjadi yang lebih baik?
Jika kamu benar-benar niat karena Allah untuk jadi yang lebih baik, maka bersiaplah dijemput pangeran idaman hati yang shalih dan baik semata-mata mencarimu karena Allah.
Istimewa kan??? :-)

7. Tunggu apalagi hayo??? Saatnya menutup aurat karena Allah dan saatnya berubah menjadi pribadi istiqomah yang lebih baik lagi.

Salam semangat ukhty-ukhty sahabat Goresan pelangi :-)





1 komentar:

  1. Bermanfaat ukhti :)
    Mari semangat berbagi ilmu kebaikan.
    Jazaakillahu khairaan ukhti Goresan Pelangi.
    Instrumentnya juga bagus ya.
    Salam kenal ukh, ana Siti Khumairo Fi KL

    BalasHapus