Jumat, 07 Desember 2012

"Guraici surganya Keindahan"

Sebelumnya ini adalah cerita yang dulu pernah sudah saya postkan di blog, namun entah karena apa sehingga saya lupa alamat email dan passwordnya sehingga blog perjalananku tak dapat lagi terbuka.
Tapi tidak jadi masalah, semoga dengan menceritakan kembali bisa semakin membantu teman-teman yang memiliki keinginan berkunjung ke Guraici (Pulau eksotis di maluku Utara).

********** Mari teman ikuti ************



Propinsi Maluku Utara adalah salah satu propinsi yang ada di Indonesia bagian timur. Saya rasa semua warga indonesia sudah tahu hal ini karena di sekolah pasti diajarkan Pelajaran Sejarah Kerajaan kesultanan, atau mungkin pernah Belajar IPS, pastinya sudah paham dimana letak Maluku utara.Malu utara dahulu ibu kotanya Ternate, namun semenjak 2010 Ibu kotanya diganti menjadi ibu kotanya di Sofifi.

Maluku Utara memang kaya akan keindahan alam terutama keindahana panorama laut dan pulau-pulau yang sungguh memikat hati para pengunjung. Salah satunya adalah Pulau Guraici yang terletak di Kabupaten Halmahera selatan atau tepat berhadapan dengan pulau Lelei (halsel).

Guraici sendiri memiliki arti nama yaitu Kebun Kecil (dalam Bahasa Daerah Ternate), yang kemudian saat ini menjadi tempat wisata bagi tourist dalam negeri maupun luar negeri. Pulau Guraici sesuai dengan dengan arti Namanya yaitu Kebun Kecil, memang tidak terlalu besar. Guraici berukuran sangat kecil, bahkan jika kita berjalan mengelilingi pulau tersebut mungkin hanya akan memakan waktu sekitar 15 menit. Cukup dekat bukan?
Namun untuk menuju ke Guraici memang butuh biaya yang besar, bisa sampai ke pulau Guraici, harus berkunjung dulu ke Ternate (maluku Utara). Karena transportasi yang akan digunakan menuju Guraici semuanya berpusat di Ternate.
Jika anda yang berada diluar daerah Ternate, seperti daerah Surabaya maka anda harus siap uang transportasi tiket pesawat menuju Ternate sekitar 2.000.000 untuk tiket Pergi dan Pulang. Namun jika ada Promo terkadang bisa cuma dengan harga 1.600.000 (sudah termasuk tiket PP). Setelah tiba di Ternate, bagi anda pengunjung dari luar daerah Ternate maka bisa menyewa hotel atau penginapan murah di Ternate, bisa menyewa kamar kos2an ataupun menyewa hotel berbintang. seperti amara hotel, hotel bukit pelangi dan yang lainnya. semalamnya kalo di amara memang bisa hingga 400.000, namun ada juga yang semalam sekitar 200.000.
itu untuk para wisatawan :)....

Setelah itu mungkin hari berikutnya baru bisa menuju Pelabuhan Bastiong untuk menaiki kapal Kecil menuju Lelei lebih dulu, dengan biaya sekitar 75.000, lama waktu tempuh 5 jam. misal berangkat pukul 08.00 wit, maka tiba disana pukul 13.00 wit. namun jika ingin lebih cepat bisa naik speedboat jarak tempuh 2 jam dengan biaya 500.000.
hehe,,, lebih mahal lagi yah :)
Setelah tiba di desa Lelei, jika anda ingin langsung berkunjung ke Guraici ada banyak perahu warga Lelei yang siap mengantarkan anda.
sekitar 10 menit perjalanan dilautan dengan perahu mesin maka anda akan tiba dengan aman dan juga langsung dimanjakan dengan pemandangannya yang luar biasa.
Berikut foto-fotonya kawan :)

                                                  Gambar 01. Guraici island
                                               Gambar 02. Lelei island
                                                  Gambar 03. Selatan pulau Lelei


                                                         Keindahan Dalam Laut Guraici :)

Jadi jika ditotal semua uang perjalanan mungkin sekitaran 3.500.000 untuk beberapa hari disana :)
semoga bisa memberikan gambaran bagi teman-teman yang ingin kesana :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar